Aku balas "ya sok atuh ka dieu ka asrama teteh..."
sorenya dia dateng n cerita tentang bahan n data yg dia cari yg kemungkinan banyak ada di sekitar aku...
Yups...
Berbicara tentang permasalahan anak di kelas 1 SD pasti bejibun banget...
mulai dari masalah akademik, masalah emosional sosial sampe masalah ahlak. pokoknya gak akan ada habisnya deh.
Untuk masalah akademis, kebanyakan adalah tuh anak belom bisa baca, nulis dan ngitung atau belom bisa calistung. secara orang tua jaman sekarang banyak yang narget anaknya harus masuk SD sedini mungkin.. padahal keliru bgt bo, coz ini nyangkut kamatangan tuh anak ketika dia beranjak dewasa nanti... (untuk yg satu ini nanti kita bahas tersendiri, oce...!)
Masalah emosional sosial biasanya nyangkut ke keegoan tuh anak yang notabene belom mau ngalah n berbagi ma temen, belum bisa gaul alias belum bisa nyampur ma temennya, atau contohnya ketika pisah ma mbaknya (bukan bonyoknya lho) pas mau masuk kelas yang tiba-tiba nangis, dsb (ini juga bakal dibahas tersendiri nanti...!)
trus satu lagi masalah ahlak yang memang penanganannya sangat complicated, mereka dateng dengan ciri khas mereka masing2 sebagai sebagai satu individu mutlak, unik dan khas, yang karakter dan penanganannya gak bisa disamain ma individu lainnya... yang intinya kalo kita megang 25 anak dalam 1 kelas, maka kita bakal ngadepin 25 karakter anak yang khas yang penanganannya gak bisa disamain antara yang satu dengan yang lainnya... (ini juga ntar kita bahas lengkap ya...)
nah akhirnya aku putusin untuk ngasih pengalaman tentang bagaimana mengatasi anak yg susah baca tapi hobi maen... (walah, repot bgt kan ngebayanginnya?)
but, dont worry... ada pengalaman menarik kok dari kasus ini.
mau tau lengkapnya?? simaklah yang satu ini...
______________________________________
Well, di kelas 1 SD ini, sebut aja anak yang namanya Abi,
Abi tuh belom lancar calistung (baca, nulis, ngitung), anaknya aktif, typical yang nurut2 ngeyel, punya hobi maen mobil-mobilan, pokoknya dia tertarik dengan segala sesuatu yang berbau MOBIL.
jadi kalo misalkan pake baju, dia maunya yang bergambar mobil,
pake tas, maunya yang bergambar mobil juga,
nulis juga maunya pake pensil yang bermotif mobil,
tertarik sama buku, tapi hanya buku bacaan yang gambarnya mobil,
Nah Abi ini kan belom lancar baca, tapi cuma mau belajar baca buku yang ada gambar mobilnya doang. trus kan susah kalo nyari buku pelajaran yang ada gambar mobilnya. Secara Abi juga kan dah harus menuhin tuntutan akademis sekolah untuk mempelajari buku agama, sains, sosial, PKn, dsb, yang kesemuanya itu gak ada yg bergambar mobil.
otomatis gurunya repot bgt donk :P
Akhirnya sang guru pun berpikir keras, gimana caranya supaya Abi mau belajar baca tanpa merasa dikekang atau dpaksa (guru yang baik biasanya ngerasa dosa kalo ngerasa dah maksa or ngekang muridnya... :D).
"Abi come on, lets read this book.."
yang ini mah dah basi buat Abi. dan dah gak mempan, yang ada si Abi malah maenin mobil2an dengan cueknya...
"Abi, lets read this book and I will give u a star, OK honey...! (maksudnya gold paper star that created by the teacher, yang biasanya dikasih sgb reward buat anak di kelas)
Abi malah bilang, ntar juga aku bisa bikin sendiri yang banyak di rumah. wah.. masih gak mempan juga!
"Abi, read this book or I'll take ur toy car...!
gurunya rada naek darah... tapi cepet2 istigfar coz itu bisa ngelukain hati Abi.
"Okay Abi, come on read this book and I will give u a new toy car..."
nah pas denger yang satu ini Abi, rada tertarik... tapi dia bilang gak ah, mobil2an ABi dah banyak kok... lagian kalo misalkan si Abi setuju ma tuh ide, yang ada gurunya bokek beliin mobil2an terus setiap mau belajar baca... :P
dilembutin gak mempan, digalakin salah...
pernah suatu hari gurunya menyita mainan Abi, yang ada tuh anak mogok belajar n mogok makan selama 1 hari di kelas... wah ini tambah bikin guru repot donk... ntar kalo sakit gimana...?
Akhirnya sang guru kreatif menemukan ide...
suatu hari didekatinya Abi...
"Abi, I like ur toy car very much..." kata gurunya.
"Really Miss?" Abi nanya balik
"Yups... it's very nice"
"do u really like my toy car, miss?"
"Yups... and I'm very happy if i have this one"
"Miss, If I have two, i'll give u one, but...I only have this one. I'm sorry miss..." Abi ternyata murah hati ya...
"It's OK... I see" jawab gurunya.
"Abi I know that u're a good painter, the best painter in my class..." gurunya muji Abi, n si Abi cuma senyum mesem aja... serasa terbang....
"So, please make a good painting of your toy car as the prize for me..., I'll be very happy for having it" kata gurunya sambil sedikit memelas..
Abi yang pada dasarnya sangat polos n baik seperti kebanyakan anak, tersentuh mendengar permintaan gurunya yang katanya sangat suka dengan mainannya dan minta lukisan atau gambar mobil2annya...
kemudian Abi membuat gambar mobil2an sebagus2nya dan diwarnai seindah2nya, dan gambar tersebut dia serahkan kepada gurunya...
"Miss, the prize for you.."
"thank u Abi..."
Gurunya kemudian memotong mainan itu dan melaminatingnya... dan tidak lupa, sebelum di laminating, tuh gambar mobil dikasih bolongan di tengah2nya berupa persegi panjang kurang lebih 3 x 0.5 cm...
besoknya tuh gambar mobil2an Abi dikasih liat ke Abi ma gurunya...
"Abi, look at your masterpiece... I think it's better than your own toy car, isn't right? could u please to change your toy car with this one?" sang guru menawarkan menukar laminatingan gambar mobil dengan mainan Abi
"how to play this one, Miss?" Abi sangat senang dipuji n tertarik dengan tawaran gurunya...
"Yups, you can play with this one all days... and of course when you are reading!"
Gurunya ngasih tau cara mainin laminatingan tersebut ke Abi...
caranya adalah tuh bolongan di tengah2 yang berbentuk persegi panjang dipakai sebagai pointer membaca Abi... jadi Abi bisa terus membaca sambil menggerakan mobil2an laminatingnya...
Alhasil, Abi pun tidak merasa belajar, tapi merasa bermain..
bermain sambil belajar....
Yah intinya, seorang guru harus mempunyai kesabaran dan keterampilan yang tinggi untuk memacu potensi anak...
Sabar...
Tegas...
perlakukan anak sebagai teman, (jangan kayak boss, yg ada anak jadi sebel ma gurunya!)
Jangan lupa dengan pujian, karena anak lebih suka reward daripada punishment.
YAkinlah bahwa si anak akan berubah menjadi baik...
karena pada dasarnya setiapa anak itu baik,
punya potensi dan bakat tersendiri...
mereka semuanya cerdas..
tinggal bagaimana guru dan orang tua bekerja sama untuk memunculkan potensi itu.
PR berat bo...!
Nah buat yang lagi ngadepin anak yg gak mood baca, boleh dicoba tuh.
Sorry gambarnya rada2 kacau, tapi ya begitulah maksudnya.
kalo kurang jelas, email aja ke aku ya.. :D
1 komentar:
hallo Andra...
salam kenal juga,
thanks for the comment.
thanks juga atas infonya...
as new comer, memang diriku harus banyak belajar dari dirimu neh :)
c u
Posting Komentar